Belajar dari Dr. Aswandi

Belajar dari Dr. Aswandi

Saya sangat bersyukur, ke manapun pergi selalu bisa bertemu dengan orang-orang yang sangat inspiratif. Makna Inspiratif ini relatif bagi sebagian orang, konteks inspiratif yang saya maksud kali ini adalah sosok manusia yang memiliki nilai-nilai keunggulan dan sangat layak dicontoh berdasarkan kesamaan model ataupun visi dengan saya pribadi. Sebut saja ketika belajar di PPWS Ngabar Ponorogo, ada Ustadz Heru Saiful Anwar, Ustadz Zaki Suaidi Bachruddin, dan lain-lain. Saat belajar di Unesa Surabaya, ada Pak Dahlan Iskan, Dr. Mudjito, Dr. Sujarwanto, dll. Saat belajar di Khon Kaen, Thailand, ada Dr. Narin juga Prof. Supawa. Dan hari ini saya bersyukur bisa bertemu dengan para sosok inspiratif, salah satunya Dr. Aswandi.

Orang-orang yang saya sebut hanyalah sebagian kecil, dan sama sekali bukan berarti mengesampingkan guru-guru atau sosok inspiratif lainnya.

Dr. Aswandi, seorang tokoh pendidikan dengan bidang ahli Manajemen Perubahan Pendidikan. Ia dilahirkan di daerah Tebas Sungai, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat dengan keadaan ekonomi yang kurang dari cukup.  Suatu ketika beliau bercerita sembari meneteskan air mata, teringat ketika menceritakan susahnya hidup di masa kecil kepada putrinya. Dr. Aswandi memulai karir dari bawah, dulu ia dipandang sebelah mata, namun kini menjadi sosok yang diperhitungkan baik tingkat regional ataupun nasional, bahkan Internasional.

Saya teringat beliau pernah berkata, “Ada beberapa nilai karakter yang bisa menjadi modal dan mengantarkan manusia menjadi pribadi yang sukses, bahkan cukup dengan (memilih) satu atau dua saja. Kalau saya memilih nilai integritas, untuk dijadikan pegangan dalam kehidupan”.

Pada tanggal 13 Mei 2018 ini, beliau genap berusia 60 tahun. Saya sengaja menyusun tulisan-tulisan beliau yang telah dipublikasikan di blog pribadinya, menjadi suatu e-book yang bertujuan untuk memudahkan saya pribadi ataupun pembaca lain dalam mempelajari gagasan dan opini beliau. Selain itu, sekaligus menjadi kado bagi beliau juga kado pribadi untuk terus memupuk semangat dalam mencontoh semangatnya hingga bisa seperti saat ini.

Semoga beliau dan seluruh guru-guru kami diberikan kesehatan, usia yang panjang lagi berkah, dan senantiasa diberikan kekuatan serta kebahagiaan dalam hidup di dunia hingga akhirat kelak. amin.

Profil Dr. Aswandi lebih lengkap dapat dibaca di laman Wikipedia klik di sini

Silahkan unduh e-book berjudul “PENDIDIKAN & PERUBAHAN: 60 Gagasan dan Opini Dr. Aswandi

klik pada gambar cover buku berikut

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

 

 

 

Dr. Aswandi dan Ady Setiawan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *