Mengenal Bentuk Perguruan Tinggi di Indonesia

Dalam melaksanakan Pendidikan Tinggi lembaga pendidikan akan dibedakan berdasarkan kewenangannya menjalankan jenis Pendidikan Tinggi, ke dalam beberapa bentuk seperti Universitas, Institut, Politeknik, Akademi dan lainnya.

Sebagai catatan bahwa Universitas, Institut, dan Sekolah Tinggi sama-sama menjalankan Pendidikan akademik serta dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dan pendidikan profesi jika memenuhi syarat. Meskipun demikian, Universitas, Institut dan Sekolah Tinggi fokus utamnya ada pada pendidikan akademis.

Agar lebih jelas, yuk simak penjelasan singkat tentang bentuk-bentuk perguruan tinggi di Indonesia berikut ini.

1. Universitas

Universitas merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam berbagai rumpun Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi dan jika memenuhi syarat, Universitas dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.

Univesitas menyelenggarakan studi di berbagai rumpun ilmu. Biasanya, minimal ada empat fakultas rumpun ilmu dalam satu Universitas.

Contohnya Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, Universitas Negeri Surabaya, dll. yang membuka membuka beragam program studi di beragam rumpun ilmu. Mulai dari rumpun ilmu Humaniora, rumpun ilmu sosial, rumpun ilmu alam, rumpun ilmu formal dan masih banyak lagi. Begitu pula di Universitas lainnya.

2. Institut

Institut merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam sejumlah rumpun Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi tertentu dan jika memenuhi syarat, institut dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.

Kalau Universitas menyelenggarakan pendidikan akademik dengan beragam rumpun ilmu, namun Institut hanya menyelenggarakan pada rumpun ilmu yang terbatas dan fokus pada beberapa rumpun ilmu yang sejenis dan berkaitan.

Misalnya Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Institut Teknologi Bogor (IPB), Institut Seni Indonesia (ISI), Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP), dan lainnya yang masing-masing hanya membuka program studi di bidang rumpun tertentu, seperti rumpun ilmu alam, rumpun ilmu terapan, ataupun rumpun ilmu sosial saja.

3. Sekolah Tinggi

Sekolah Tinggi merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam satu rumpun Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi tertentu dan jika memenuhi syarat, sekolah tinggi dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.

Kalau Institut mencakup rumpun ilmu yang lebih sedikit dari pada Universitas, Sekolah Tinggi lebih spesifik lagi. Sekolah Tinggi hanya menyelenggarakan pendidikan tinggi dalam satu rumpun ilmu saja.

Contohnya Sekolah Tinggi Ilmu Statistika (STIS) yang hanya membuka dua program studi (Jurusan Statistika dan Jurusan Komputasi Statistik) dalam satu rumpun ilmu.

Politeknik, Akademi, dan Akademi Komunitas sama-sama menyelenggarakan pendidikan vokasi dan hanya Politeknik yang dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.

4. Politeknik

Politeknik merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam berbagai rumpun Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi dan jika memenuhi syarat, politeknik dapat menyelenggarakan pendidikan profesi.

Sederhananya politeknik adalah Universitasnya pendidikan vokasi (kejuruan). Politeknik bisa menyelengarakan pendidikan vokasional di berbagai rumpun ilmu.

Seperti Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS), Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS), Politeknik Negeri Pontianak (Polnep), dan lain-lain.

5. Akademi

Akademi merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam satu atau beberapa cabang Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi tertentu.

Kalau Politeknik bisa menyelenggarakan pendidikan vokasi di berbagai rumpun ilmu, Akademi hanya menyelenggarakan pada rumpun ilmu yang terbatas dan fokus pada beberapa rumpun ilmu yang sejenis dan berkaitan.

Misalnya Akademi Kebidanan (Akbid) yang berfokus pada bidang-bidang keilmuan dan tugas kebidanan.

6. Akademi Komunitas

Akademi Komunitas merupakan Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi setingkat diploma satu dan/atau diploma dua dalam satu atau beberapa cabang Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi tertentu yang berbasis keunggulan lokal atau untuk memenuhi kebutuhan khusus.

Akademi Komunitas ini hampir sama dengan Akademi, perbedaannya terletak pada penyelenggaraan program hanya tebatas pada program Diploma 1 (D1) dan Diploma 2 (D2). Proses perkuliahan/pembelajaran di Akademi Komunitas Kamu tidak dibimbing oleh dosen layaknya di Universitas ataupun Akademi, melainkan dibimbing oleh istruktur yang metode pembelajarannya lebih dekat dengan kursus atau pelatihan tatap muka.

Misalnya Akademi Komunitas Negeri Lamongan (Aknela).

Semoga bermanfaat.

Salam,

Ady Setiawan